Pages

Saturday, June 30, 2012

Quis Basis Data


1.      Apa yang dimaksud dengan Recovery?
Jawab:
Recovery : merupakan upaya untuk mengembalikan basis data ke keadaaan yang dianggap benar setelah terjadinya suatu kegagalan. Sebuah sistem komputer, dan berbagai macam alat electronik lainnya sangat mungkin mengalami kagagalan karena berbagai sebab yang menyebabkan hilangnya informasi. Oleh karena itu, sistem basis data harus mengambil aksi untuk menjamin atomicity dan durability dari transaksi tetap terjaga. Bagian integral dari sistem basis data merupakan skema recovery yang dapat mengembalikan basis data ke status konsisten yang ada sebelum kegagalan. 
2.      Sebutkan jenis-jenis dari aturan integritas?
Jawab:
            Terdapat beberapa jenis aturan integritas (integrity constraints) yang menjamin konsistensi dan integritas database, yaitu :
a.       Aturan integritas entitas (Entity Integrity Constraints)
b.      Aturan Domain (Domain Constraints)
c.       Aturan integritas refensial (Referential Integrity Constraints)
d.      Aturan berbasis atribut (Attribute-based Constraints) dan Aturan berbasis Record (Tuple Based Constraints)
e.       Pernyataan (Assertions)
f.       Pemicu (Trigger)
3.      Apa yang dimaksud dengan fungsi string?
Jawab:
Fungsi String adalah fungsi yang dapat menempatkan dan mengelolah data berjenis teks pada lembar kerja MS. Excel. Fungsi string digunakan untuk mengambil, mengubah karakter tertentu pada Data teks.


4.      Jelaskan pengertian Basis data relasional
Jawab :

Pada model relasional, basis data akan “disebar” atau dipilah-pilah ke dalam berbagai tabel dua dimensi. Setiap tabel selalu terdiri atas lajur mendatar yang disebut baris data (row / record) dan lajur vertikal yang biasa disebut dengan kolom (column / field).

5.      Jelaskan perbedaan antara relasi , atribut dan tuple?
Jawab:
·         Relasi

Relasi merupakan sebuah tabel yang terdiri dari beberapa kolom dan beberapa baris. Relasi menunjukkan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Entitas merupakan individu yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dengan yang lainnya.

·         Atribut

Atribut merupakan kolom pada sebuah relasi. Setiap entitas pasti memiliki aribut yang mendeskripsikan karakter dari entitas tersebut. Penentuan atau pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal penting dalam pembentukan model data.

·         Tuple

Tuple merupakan baris pada sebuah relasi atau kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang, misalnya : NPM, nama mahasiswa, alamat, kota, dll.

6.      Jelaskan pengertian dan fungsi dari kamus data dalam database relasional?
Jawab:
Kamus data berfungsi membantu pelaku sistem untuk mengartikan aplikasi secara detail dan mengorganisasi semua elemen data yang digunakan secara detail dan mengorganisasi semua elemen data yang digunakan dalam sistem secara persis sehingga pemakai dan penganalisis sistem mempunyai dasar pengertian yang sama tentang masukan, keluaran, penyimpanan dan proses. Kamus data sering disebut juga dengan sistem data dictionary adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi.
7.      Jelaskan pengertian dari Domain?
Jawab:
Sistem Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain.
8.      Apa fungsi dari auto increment?
Jawab :
Berfungsi untuk memberikan nilai dengan kelipatan satu dimulai dari 1 secara otomatis, sehingga user tidak perlu memasukkan nilai. Field yang dapat diberikan auto_increment harus yang bertipe data numerik. Dan umumnya digunakan dalam pembuatan nomor urut.
9.      Sebutkan Cara pembuatan dan pengaturan database pada dos-prompt Windows ?
Jawab:
Setelah mengaktifkan command prompt atau dos-prompt, masukkan perintah seperti berikut :
cd\Program Files\xampp\mysql\bin
Akan terlihat pada command prompt :
C:\Program Files\xampp\mysql\bin> dan masukkan perintah seperti berikut :
Mysql –u root
10.  Jelaskan pemodelan data secara hierarki!
Jawab:
·         Menyerupai pohon yang dibalik
·         Menggunakan pola hubungan orangtua anak
·         Setiap simpul menyatakan sekumpulan medan
·         Simpul yang terhubung dengan level dibawahnya disebut orang tua


Contoh pemodelan data hirarki :
hierarchical-data-11





No comments:

Post a Comment

Do follow blog gan... ayo tukeran link gan....
Sebagai Orang yg baik,.Jangan lupa untuk comment ya.... oke!!!